Free SpongeBob ani - Busy Cursors at www.totallyfreecursors.com

Jumat, 15 Mei 2015

KERATONAN bukan KERATON

    Pasti kalian gak asing sama yang namanya KERATON.
Tapi kali ini saya bahas tentang KERATONAN bukan KERATON, ada yang tau bedanya?
Kalau KERATON adalah daerah tempat seorang penguasa (raja atau ratu) memerintah atau tempat tinggalnya (istana), sedangkan KERATONAN adalah sebuah kampung di luar tembok Keraton Surakarta yang konon ditinggali abdi dalem yang loyal terhadap raja. Letaknya sendiri berada di tengah kota, hampir setiap orang pernah melewati kawasan tersebut. 
Kebetulan saya bersama temen saya Prilla Audina mengikuti jelajah bersama blusukan solo menelusuri beberapa tempat yang ada di Keratonan yaitu, Ndalem Hadiwijayan, Ndalem Hardjonagoro atau Rumah Go Tik Swan. Tapi sayangnya kami terlambar jadi ada sedikit materi yang tertinggal.
     Objek kami yang pertama di Ndalem Kanjengan, disini dinamakan Kanjengan karena yang menempati dahulu seorang Kanjeng Raden Adipati Sosrodiningrat IV, dan sekarang kediamannya ditempati oleh anak turunnya setelah rumahnya di daerah Kepatihan dibakar saat agresi militer Belanda ke-2, sehingga keluarga beliau terpaksa keluar dari kompleks Kepatihan. Raden Adipati Sostrodiningrat IV adalah pendiri Museum Radya Pustaka yang didirikan oada masa pemerintahan Pakubuwono IX pada tanggal 28 Oktober 1890 yang bertepatan di Jalan Slamet Riyadi, Surakarta. Dan pada tanggal 1 Januari 1931, kala itu museum merupakan kediaman seorang Belanda bernama Johannes Busselaar.
Ndalem Kanjengan
      Lokasi selanjutnya yaitu kediaman M. Hardo, saudagar pembatik di Jalan Madukoro dan salah satu bagunannya dibuat tempat kuliner makanan khas deso yaitu, Sego Kalong
Kediaman M. Hardo yang tidak produksi lagi
Ndalem Hadiwijayan
     The next, Ndalem Hadiwijayan konon bekas kediaman Pangeran Hadiwijaya, putra Pakubuwono X namun kami tidak diperbolehkan masuk. Jadi hanya didepan pintu besar yang kokoh berdiri, dan didepannya dibalut oleh semak-semak rumput yang tinggi tidak terawat dan bangunan ini dinyatakan bangunan cagar budaya oleh pemerintah kota Surakarta dan yang paling penting bangunan ini eks Saraswati sekolah UNS.





 
     Lokasi selanjutnya penuh dengan misteri, yaitu Ndalem Joyokusuman yang merupakan bekas kediaman Jayakusuman, putra Pakubuwono X tepatnya di Desa Gajahan. Bagunan tersebut dibangun pada tahun 1939 dengan gaya arsitec modern tapi sayangnya tidak terawat. Di depannya saja kami disapa dengan megahnya pintu masuk, bagaimana didalamnya?

Pandapa Joyokusuman
 Didalamnya terdapat pandapa dengan halaman yang sangat luas, menurut saya sendiri bangunannya lebih bagus dibandingkan di keraton. Namun sayangnya bangunan ini tidak ada kejelasan tentang kepemilikannya sehingga kurang terawat dan bangunannya sudah mulai merapuh. Konon, pada awal 2000 bangunan ini sempat dijadikan cafe tapi sang pemilik terjerat korupsi sehingga menjadi tanah sengketa.
Semak blantara
     The last, kami melanjutkan blusukan ke kediaman Go Tik Swan atau lebih sering dikenal dengan nama K.R.T. Hardjonagoro. Beliau seorang budayawan dan sastrawan Indonesia yang dilahirkan sebagai putra sulung keluarga Tionghoa yang tinggal bersama kakeknya sejak kecil hingga melanjutkan sekolahnya di Neutrale Europesche Lagere School bersama warga kraton, anak ningrat, dan anak pembesar Belanda. Karena beliau sangatlah talented dan memicu Soekarno menjadi dekat dengannya. Bahkan Go Tik Swan disuruh untuk membuat motif Batik Indonesia.
Lukisan Soekarno
Di kediaman Go Tik Swan kami disambut oleh Bapak Soewarno dan Ibu Supiyah. Kami dipersilahkan masuk untuk melihat proses pembuatan batik, dan keris. Batik-batik yang di jual disana berkisar 600ribu-hingga 7jutaan. Didalam kediamannya banyak barang-barang peninggalan sejarah bahkan ada pandapa didalam rumahnya, tidak hanya itu disana ada lukisan buatan Bapak Soekarno. Gak bakalan bosen maupun terasa jika waktu kita dihabiskan disana karena didukung oleh udara yang sejuk.
Pembuatan Keris

Pembuatan Batik

1 komentar:

  1. Watch Genesis 2 for Free, without installing at the end of
    Genesis 2 is an online video game developed by Sega and published by SEGA of America for the Sega Genesis. It is the sequel youtube video to mp3 to Sonic the Hedgehog 2,

    BalasHapus